Menu Tutup

Anak Berkebutuhan Khusus, Berikan Perhatian Lebih

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus

Secara sederhana bisa kita dapatkan pengertian anak berkebutuhan khusus yang dijelaskan di Wikipedia Indonesia. Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. ABK memerlukan perhatian, kasih sayang yang lebih spesial, baik itu di lingkungan rumah maupun sekolah. Beberapa tipe ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan.

Namanya saja anak berkebutuhan khusus, tentu saja anak ini memiliki kebutuhan khusus yang tidak dimiliki oleh anak lain. Baik dari segi mendidiknya, maupun dari cara merawatnya.

Yang Harus Diperhatikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Perlakuan spesial kepada anak-anak berkebutuhan khusus ini penting. Sebab anak berkebutuhan khusus mempunyai keterbatasan-keterbatasan khusus yang tidak dimiliki oleh anak lainnya. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita merawat anak berkebutuhan khusus. Berikut beberapa diantarannya.

baca juga: anak autis bisa sembuh

Orang Tua Harus Terbuka Pemikirannya

Anak berkebutuhan khusus tidak terlalu berkembang cara berpikirnya. Anak berkebutuhan khusus punya kendala tidak dapat berpikir dengan baik. Kondisi yang semacam ini harus dipahami oleh para segenap orang tua.

Melakukan Pengawasan yang Ekstra Ketat

Anak berkebutuhan khusus berkarakter hiper aktif. Oleh sebab itulah mengapa anak berkebutuhan khusus butuh pengawasan yang ekstra ketat dari para orang tua.

Sering kita temukan kasus anak berkebutuhan khusus ketika menyeberang jalan tertabrak karena lemahnya pengawasan orang tua.

Berikan Motivasi, Perhatian dan Bimbingan yang Ekstra Penuh

Mood anak berkebutuhan khusus mudah berubah. Kadang semangat kadang lemas sampai seharian tidak keluar rumah sama sekali. Peran orang tualah yang harus memberikan motivasi, perhatian dan bimbingan yang ekstra penuh.

Jika motivasi yang diberikan kurang. Anak berkebutuhan khusus akan cenderung muram dan tak semangat dalam menjalani kehidupan.

Dibutuhkan Adaptasi Dengan Lingkungan Sekitar

Jangan pernah Anda mengurung anak berkebutuhan khusus di dalam rumah saja. Tapi ajaklah anak berkebutuhan khusus untuk keluar dari rumah. Ajaklah anak berkebutuhan khusus untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Cara ini dilakukan agar perkembangan sosial anak berkebutuhan khusus tidak mandeg. Dengan begitu, anak berkebutuhan khusus tidak mengalami gangguan anti sosial.

Meningkatkan Kedekatan Emosional Dengan Anak

Coba perhatikanlah kedekatan Anda dengan anak berkebutuhan khusus. Pastikanlah Anda bisa dekat secara emosional maupun secara personal.

Dekat secara emosional di sini maksudnya Anda tidak memberi jarak yang jauh dengan anak berkebutuhan khusus. Tempatkan Anda pada posisi seperti temannya sendiri. Cara ini dilakukan agar anak berkebutuhan khusus tidak merasakan perasaan berjarak kepada orang tuanya.

Asah Keterampilan Khusus

Anak berkebutuhan khusus sering diremehkan di lingkungan masyarakat. Agar kesan diremehkan itu hilang, Anda bisa mengajarkan beberapa ketrampilan khusus pada anak, agar cibiran anak berkebutuhan khusus bisa ditepis.

Jika anak ada tanda-tanda berbakat sesuatu misalnya dalam bidang menggambar, segera saja Anda ajak anak tersebut untuk sekolah menggambar. Asah terus keterampilannya hingga anak tersebut menjadi profesional.

Perhatikan Asupan Makanannya

Coba perhatikan asupan makanan anak berkebutuhan khusus. Asupan makanan pada anak berkebutuhan khusus tidaklah sama dengan anak normal. Anak berkebutuhan khusus dengan gangguan ADH sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan dengan olahan gandum. Sebab olahan makanan yang semacam bisa membawa peradangan pada dinding usus.

Diet dan detoks untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sejumlah orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus membuktikan efek positif dari diet dan detoks, termasuk saya. Pengaturan pola dan jenis makanan secara ketat dengan “pantang” mengonsumsi makanan yang mengandung tepung terigu, olahan gandum, gula tebu, pemanis buatan, cokelat, penyedap buatan, makanan instan, kecap, gluten. Konsumsi makanan organik menjadi pilihan utama yang cocok untuk anak berkebutuhan khusus, karena terbebas dari zat-zat kimia.

baca juga: diet anak autis

Produk Nutrisi Organik Melilea

Produk Organik Melilea yang telah mendapatkan penghargaan bintang 5 untuk makanan organik sangat kami sarankan. Diolah dari beragam sayur dan buah yang telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Produk Nutrisi Melilea 3 in 1, Greenfield Organic, Susu Kedelai, dan Apple Orchard adalah solusi untuk terapi anak berkebutuhan khusus.

Posted in Autisme

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Via WA