Menu Tutup

Kebutuhan Nutrisi Anak Autis yang Perlu Dijaga

Saat kita fokus berkonsentrasi, maka hal-hal lain yang ada di sekitar kita bisa kita abaikan dengan mudah. Daya fokus yang sangat tajam ini biasanya sering didapat oleh para orang normal. Namun, bagi anak-anak autisme, sangat susah sekali ia berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.

Padahal daya konsentrasi ini penting diperoleh anak autis. Apalagi konsentrasi yang tinggi akan mempermudah anak-anak autis dalam melakukan sesuatu. Nah, agar anak-anak autis bisa berkonsentrasi, perlu ada asupan nutrisi tertentu yang perlu dikonsumsi oleh penderita anak autis. Berikut beberapa nutrisi yang bisa menjadi asupan untuk anak autis.

Kebutuhan Nutrisi Anak Autis

1. Asam Folat

Coba berikanlah asam folat untuk anak autis. Nutrisi asam folat dipercaya mampu mengembalikan kinerja metabolisme pada anak menjadi lebih lancar.  Penelitian menunjukan kalau pengonsumsian gizi asam folat pada penderita autis bisa membuat anak autis tersebut lebih cerdas.

2. Magnesium

Penderita autis kerap mengalami lemah otot. Makannya sangat penting sekali penderita anak autis itu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung Magnesium. Magnesium dikenal efektif dalam memperkuat tulang anak autis yang cenderung lemah.

Konsumsi Magnesium yang rutin bisa meningkatkan masa otot menjadi lebih kuat. Sehingga anak autis lebih tangkas saat beraktivitas di luar maupun di dalam rungan. Selain mampu menumbuhkan masa otot jauh lebih banyak, Magnesium juga mampu meningkatkan kerja saraf otak menjadi lebih baik.

3. Zinc

Zinc disebut-sebut sebagai salah satu mineral yang paling sering dikonsumsi oleh para calon ibu hamil. Lha kok bisa?  Ya sebab mineral Zinc ini diketahui mampu mencegah calon ibu hamil mendapatkan keturunan autis. Karena itu, pemberian suplemen autis dipercaya mampu mencegah ibu hamil melahirkan anak autis. Jadi nutrisi zink memang sudah terbukti mampu mengurangi resiko anak terkena autis.

4. Glutation

Glutation merupakan jenis mineral yang menyerupai asam amino. Glutation terdiri atas glycine, glutamic acid, juga terdapat kandungan cystein. Zat Glutation dipercaya mampu melindungi tubuh dari ankea racun. Sehingga risiko seorang anak mengalami autis bisa dicegah lewat konsumsi zat Glutation secara rutin.

5. Vitamin B1

Rata-rata banyak orang merekomendasikan anak autis untuk rajin mengonsumsi Vitamin B1. Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal The Journal of Internasional Medical Reseach menyatakan vitamin B1 sangat penting agar proses pengiriman saraf dari otak ke otot-otot ke tubuh bisa lancar.

6. Kobalamin

Banyak ahli mempercayai kekurangan vitamin B12 menjadikan alasan terbesar mengapa seorang anak mengalami autis. Kekurangan vitamin B12 dipercaya menjadi faktor penyebab utama seorang anak mengalami autis. Sehingga konsumsi vitamin B12 yang cukup sangat diajurkan bagi para calon ibu hamil dan anak-anak usia balita.

Posted in Autisme

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Via WA