Menu Tutup

Pengertian, Kelebihan, dan Manfaat Makanan Organik

Daftar Isi:

  1. Pengertian Makanan Organik
  2. Perbedaan Makanan Organik dan NonOrganik
  3. Keuntungan Konsumsi Makanan Organik
  4. Merk Makanan Organik

Pengertian Makanan Organik

Pengertian makanan organik  adalah makanan yang diproduksi secara alami menggunakan metode pertanian organik, tanpa melalui rekayasa genetika atau tambahan hormon pertumbuhan. Dimana Pertanian organik merupakan sistem budi daya pertanian yang hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sintetis. Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar perbedaan makanan organik dan anorganik (non organik).

Perbedaan Makanan Organik dengan Makanan Non-organik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli makanan organik, di bawah ini penjelasan mengenai perbedaan kedua jenis makanan organik vs non-organik.

  • Penggunaan Pupuk

    Pada makanan organik, pupuk yang digunakan yang dibuat secara alami seperti kompos atau pupuk kandang. Sedangkan pada makanan non organik, pupuk kimia digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

  • Perlindungan Tanaman

    Jika pada makanan non organik, penggunaan insektisida atau pestisida sudah menjadi hal yang lumrah untuk mengatasi masalah hama. Di lain pihak, untuk makanan organik pembasmian hama biasanya menggunakan cara alami, seperti memakai predator.

  • Mengatasi Gulma

    Gulma masih menjadi momok yang mengkhawatirkan bagi petani, lantaran pertumbuhannya yang relatif cepat. Untuk tanaman organik, gulma dibasmi dengan memanfaatkan tanaman lainnya, atau dengan cara pengendalian gulma. Pada tanaman non organik, penggunaan herbisida menjadi salah satu cara untuk mengatasi gulma.

  • Pertumbuhan Hewan Ternak

    Ternak organik hanya mendapatkan pakan yang organik pula. Jika di kemudian hari terdapat masalah kesehatan pada hewan ternak organik. Maka, akan diterapkan langkah-langkah alami untuk mengatasinya.

    Pada hewan ternak non organik, pakan yang diberikan adalah tanaman yang mendapatkan hormon pertumbuhan buatan. Dan, pada saat sakit hewan ternak tersebut menerima obat-obatan kimia dan antibiotik.

  • Pengolahan Produk Makanan Organik

    Produk makanan organik diolah tanpa menggunakan campuran zat kimia. Seperti penguat rasa, pewarna makanan, pemanis buatan, yang berasal dari zat kimia. Hal ini tentu berbeda dengan produk makanan nonorganik yang banyak sekali zat kimia pada komposisinya.

baca juga: Penjelasan Apa itu Melilea 3 in 1 dan Komposisinya

Keuntungan Konsumsi Makanan Organik

  • Mengandung Sedikit Pestisida

    Seperti diketahui, pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengatasi masalah hama dan lain sebagainya. Residu pestisida yang disemprotkan ke bahan makanan, tidak akan bisa dihilangkan 100%. Residu inilah yang kemudian tersimpan dan mengendap di dalam bahan tanaman.

    Jika mengonsumsi makanan yang berisikan residu pestisida dapat mengakibatkan syaraf diracuni oleh neurotoksin yang ada di dalam residu. Residu ini tidak akan ditemukan pada tanaman organik. Jika pun ditemukan, jumlahnya sangat sedikit. Itu sebabnya konsumsi makanan organik lebih sehat.

  • Segar dan Tahan Lama

    Makanan yang dibudidayakan secara alami tanpa bantuan hormon pertumbuhan, biasanya akan lebih tahan lama. Sehingga ketika dikonsumsi, makanan akan lebih segar dan lezat.

  • Bergizi Tinggi

    Selain lebih segar dan tahan lama, kandungan gizi pada makanan organik lebih tinggi. Itu sebabnya, ketika Anda mengonsumsi makanan organik, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral lainnya akan tercukupi dengan baik.

    Selain itu, karena tidak direkayasa secara genetik, menyebabkan susunan genetika sebuah tanaman tidak mengalami perubahan. Sebagai informasi, makanan organik merupakan satu-satunya makanan yang terbebas dari persilangan.

  • Lebih Ramah Lingkungan

    Karena tidak menggunakan bahan kimia dalam proses perawatan dan pertumbuhannya. Lingkungan di sekitar area tanam akan terlindungi dan tetap asri.

Baca juga:

Merk Makanan Organik Terbaik

Saat ini sudah banyak sekali produk makanan organik yang dijual di Indonesia. Apabila anda mencari merk makanan organik yang terbaik dan sudah mendapatkan sertifikat bintang 5. Maka Melilea adalah merk atau brand yang anda cari untuk kategori makanan organik. Dengan adanya sertifikat bintang 5, memastikan bahwa produk organik ini benar-benar terbebas dari bahan kimia. Seperti pestisida, pupuk kimia, pewarna, pemanis, dan lain sebagainya. Sudah banyak yang membuktikan khasiat Melilea, jika anda belum, saatnya giliran anda.

Setelah mengetahui keunggulan tanaman tersebut di atas, Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk makanan organik dari Detoxorganic. Kandungan gizi dan jaminan produk terbaik, akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas hidup, menjadi lebih sehat.

Posted in Organik

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Via WA